Febby Ulvia Agustine

Monday, 17 August 2015

manajemen waktu

Manajemen memiliki arti seni yaitu melaksanakan dan mengatur.


Sangatlah jelas bahwa waktu juga harus dilaksanakan, harus diatur dengan sebaik mungkin. Supaya waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia begitu saja. Jika anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien dalam mengelola waktu dan mengetahui juga bagaimana mengelola hidup dengan baik. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat. Kualitas hidup anda tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu yang anda miliki.
Bagaimana cara memanage waktu dengan baik, saya ada beberapa tips yang bisa dilakukan:
1.Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan (To do list)
Buatlah daftar secara jelas tentang kegiatan yang akan anda lakukan, setelah itu kuasi daftar list tersebut. Dan lakukanlah setiap list atau target yang telah ditulis tersebut sesuai dengan waktu pencapaiaannya. Tugas tersebut sebelumnya telah direncanakan, dan anda tidak boleh meremehkan setiap perencanaan yang telah dibuat. Karena sebuah perencanaan dapat membawa kita untuk dapat menyelesaikan suatu target yang ingin kita capai.
2.Belajarlah untuk mengatur prioritas anda
Anda harus belajar bagaimana mengatur prioritas anda secara efisien agar tidak membuang-buang waktu. Anda harus meletakan prioritas kegiatan yang paling urgent pada posisi pertama untuk dapat diselesaikan lebih awal. Jangan pernah mengabaikan tugas-tugas penting lainnya untuk mendapatkan hasil yang tidak signifikan.
3.Jangan takut untuk mengatakan TIDAK
Anda harus belajar sekali-sekali untuk mengatakan tidak dan menolak tugas-tugas yang tidak bisa anda selesaikan. Karena memaksakan suatu kehendak maka hasilnya tidak akan baik dan maksimal. Jangan pernah melakukan suatu kegiatan diluar batas kemampuan dan kesanggupan kita. Lakukan setiap kegiatan dengan penuh cinta dan ketulusan. Supaya kegiatan atau pekerjaan tersebut dapat terselesaikan dengan mudah. Karena jika kita menyanggupi semua kegiatan atau pekerjaan akan membuat kita menjadi stress dan merasa terbebani, ambillah suatu tugas yang memang kita sanggup untuk menyelesaikannya.
4.Lakukan delegasi
Jika memang kita memiliki suatu pekerjaan yang lebih dari satu dan kita rasa itu terlalu banyak, jangan pernah sungkan untuk melakukan delegasi. Jangan mengerjakan semuanya sendiri jika memang tidak sanggup karena nantinya hasil tidak akan maksimal. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain, dan mana tugas yang dapat diselesaikan oleh diri sendiri. Kemudian berikan delegasi kepada orang lain yang dapat menyelesaikan tugas kita. Supaya semua dapat terselesaikan tepat waktu (sangat cocok digunakan dalam organisasi)
5.Hindari menunda suatu pekerjaan
Hal ini sangat amat diperlukan, karena kebanyakan dari kita senang sekali dengan yang namanya menunda suatu pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan kita mudah terbengkalai dan tidak dapat teselesaikan dengan tepat waktu. Hindarilah sikap emnunda pekerjaan, namun tanamkanlah sikap tepat waktu untuk menyelesaikan segala pekerjaan.
Rencanakan setiap waktu untuk kegiatan tak terduga, sehingga kita bisa memprediksikan setiap kegiatan yang kita lakukan. Supaya kegiatan tersebut dapat kita lakukan dengan tepat waktu, dan kita menjadi mampu mengatur waktu dengan baik.

Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.

About Author

Febby Ulvia Agustine
Febby Ulvia Agustine

Author

Hello, I am Febby Ulvia Agustine. I created this blog as a form expressing of my life. I'll update daily posts between review; writing, social activity, etc.

0 komentar:

Post a comment